WaGoMu › Tulisan Pensil › Travel › Sewa Bus Pariwisata info : Sejarah Kawah Putih Ciwidey

2016/05/28

Sewa Bus Pariwisata info : Sejarah Kawah Putih Ciwidey

Sejarah Kawah Putih Ciwidey





Kawah putih yang anda lihat saat ini sebenarnya adalah kawah Gunung Patuha. Namun, nama tersebut ternyata kalah populer, bayak wisatawan yang sering datang berkelompok dengan menggunakan armada dari penyedia sewa bus pariwisata lebih mengenal dengan nama Kawah Putih Bandung karena memang tanah dan airnyaberwarna putih.Gunung Patuha di daerah Bandung Selatan dianggap oleh masyarakat sekitar Ciwidey sebagai gunung tertua. Nama Patuha konon berasal dari kata Pak Tua (Sepuh), sehingga masyarakat setempat juga sering menyebutnya Gunung Sepuh. Lebih dari seabad yang lalu, PuncakGunung Patuha dianggap angker oleh masyarakat setempat sehingga takseorangpun berani menginjakkan kaki, oleh karena itu keberadaan dankeindahan alamnya pada saat tersebut tidak diketahui orang.


Pada tahun 1837, seorang Belanda perankan Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn (1809 – 1864)mengadakan perjalanan ke Bandung Selatan. Ketika sampai di kawasantersebut, Junghuhn merasakan suasana yang sangat sunyi dan sepi. Takseekor binatang pun melintas di situ. Ia kemudian menanyakan kepadapenduduk setempat, dan menurut masyarakat, kawasan puncak GunungPatuha sangat angker karena dianggap tempat bersemayamnya arwah paraleluhur serta pusat kerajaan bangsa jin. Karenany bila ada burungyang lancang terbang melintasi daerah tersebut akan jatuh dan mati.Meskipun demikian, orang Belanda yang satu ini tidak begitu percayaakan ucapan masyarakat. Ia kemudian melanjutkan perjalanannyamenembus hutan belantara di gunung itu untuk membuktikan kejadian apayang sebenarnya terjadi di kawasan tersebut. Namun sebelum sampai dipuncak gunung, Junghuhn tertegun menyaksikan pesona alam yang begituindah di hadapannya, dimana terhampar sebuah danau yang cukup luasdengan air berwarna putih kehijauan. Dari dalam danau itu keluarsemburan lava serta bau belerang yang menusuk hidung. Dan terjawablahsudah mengapa burung-burung tidak mau terbang melintasi kawasantersebut.


Kawah Putih
Dari sinilah awalmula berdirinya pabrik belerang Kawah Putih dengan sebutan di jamanBelanda : Zwavel Ontgining Kawah Putih. Di jaman Jepang, usaha pabrikini dilanjutkan dengan menggunakan sebutan Kawah Putih kenzankaYokoya Ciwidey, dan langsung berada di bawah pengawasan militer


Cerita dan misteri tentang Kawah Putihterus berkembang dari satu generasi masyarakat ke generasi masyarakatberikutnya. Hingga kini mereka masih percaya bahwa Kawah Putihmerupakan tempat berkumpulnya roh para leluhur. Bahkan menurut kuncenAbah Karna yang sekarang berumur ± 105 tahun dan bertempat tinggaldi Kampung Pasir Hoe, Desa Sugih Mukti; di Kawah putih terdapat makampara leluhur, diantaranya : Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana,Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom dan EyangJambrong. Salah satu puncak Gunung Patuha, Puncak Kapuk, dipercayasebagai tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang JagaSatru. "Di tempat ini masyarakat sesekali melihat (secara gaib)sekumpulan domba berbulu putih (domba lukutan) yang dipercaya sebagaipenjelmaan dari para leluhur."

Franz Wilhem Junghuhn kini sudah lamatiada, namun penemunya yang dikenal dengan nama Kawah Putih masih tetap anggun mempesona sampai saat ini.


So, apakah anda tertarik untuk mengunjungi Kawah putih ciwidey Bandung ?

Sekedar info bagi anda yang hendak berwisata dengan menggunakan armada bus pariwisata, ada baiknya anda membaca terlebih dahulu " tips yang harus anda perhatikan sebelum menyewa bus pariwisata"



Happy traveler guys face117





  • Artikel (Travel)dari kategori yang sama

    Posted by Tulisan_Pensil at 16:00│Comments(0)Travel
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Sewa Bus Pariwisata info : Sejarah Kawah Putih Ciwidey
      Komentar(0)